Terbukti Secara Medis, 4 Cara Ampuh Mencegah Jerawat

Di kehidupan sehari-hari, kita selalu berusaha semaksimal mungkin untuk merawat diri kita, termasuk merawat kulit. Kita menjaga kulit kita agar bersih dan cerah, sehingga kita bisa menjadi lebih percaya diri dan memancarkan aura positif di sekitar lingkungan kita. Salah satu yang kita lakukan dengan kulit kita adalah mencegah atau mengatasi jerawat.

Jerawat adalah penyakit kulit yang normal dan terjadi pada kebanyakan orang. Dilansir dari kompas.com, jerawat disebabkan oleh produksi sebum yang berlebihan. Sebum adalah zat yang memproduksi minyak, sehingga kulit tetap lembap. Tapi ketika diproduksi secara berlebihan, maka pori-pori akan tersumbat dan terjadi peradangan. Jerawat juga disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Jadi, hal pertama yang harus kita lakukan adalah hidup sehat dahulu, ya. Apa saja yang harus kita lakukan?

  1. Mengonsumsi makanan yang bergizi

Makanan yang bisa kamu makan, tidak perlu muluk-muluk, kok. Kamu perlu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung Vitamin C dan Vitamin E. Contohnya, brokoli, ikan, daging, bayam, jeruk, buah-buahan dan sayur-mayur lainnya. Jangan terlalu sering memakan makanan yang berlemak tinggi karena dia akan memproduksi minyak yang lebih banyak lagi. Dengan makan makanan yang sehat, otomatis kulitmu akan ikut sehat juga.

  1. Waktu tidur yang cukup

Ketika kita tidur, kulit kita ikut istirahat. Selain itu, dengan pola tidur yang baik, resiko stress juga berkurang. Dilansir dari halodoc.com, hormone kortisol yang terlalu tinggi bisa mengakibatkan jerawat. Dengan tidur, kita menurunkan hormon kortisol kita. Di siang hari, kita pun bisa lebih produktif. Kalau memang agak sulit untuk kamu untuk tidur lebih awal, coba tidur setidaknya enam jam.

  1. Olahraga

Siapa yang masih malas olahraga? Justru olahraga bisa mencegah jerawat muncul, loh. Dilansir dari hellosehat.com, keringat justru membersihkan kotoran-kotoran dalam pori-pori. Kulit juga mendapat nutrisi yang cukup karena peredaran darah lancar, lalu sel-sel kulit mendapat oksigen dan nutrisi yang memadai. Olahraga juga bisa melepas stress. Olahraga mengaktifkan hormon endorphin dan serotonin, lalu memberikan kesempatan bagi hormon kortisol untuk istirahat. Mungkin kamu bisa memulainya dengan olahraga yang tidak terlalu berat, seperti jogging, senam, atau jalan pagi.

  1. Skincare yang perlu kamu gunakan

Cuci wajahmu secara rutin dengan sabun cuci muka dengan kandungan Salicylic Acid. Kandungan ini dipercaya dapat mencegah dan mengatasi jerawat dan komedo. Gunakan sabun cuci muka maksimal dua kali sehari.

Skincare kedua yang bisa kamu gunakan adalah sabun eksfoliasi. Sabun eksfoliasi lebih ampuh mengangkat kotoran dalam kulit dibandingkan sabun cuci muka biasa. Cara menggunakannya sama seperti sabun cuci muka. Tapi dengan mengeksfoliasi wajah secara rutin, kotoran dalam kulit akan terangkat dan pori-pori tidak menyumbat. Sabun eksfoliasi hanya boleh dipakai maksimal dua kali seminggu, ya. Kalau dipakai terlalu sering, wajah kamu akan meradang.

Pakai pelembap wajah yang mengandung Salicylic Acid juga, ya. Kalau kamu hanya menggunakan sabun cuci muka atau sabun eksfoliasi, maka kulit kamu akan memproduksi sebum untuk mencegah kulit kering. Dengan sebum naik ke permukaan kulit, maka aka nada kemungkinan jerawat kamu akan muncul lagi.

Jangan lupa pakai tabir surya, teman-teman. Tabir surya wajib dipakai setelah rangkaian skincare dilakukan. Mengapa? Sinar matahari di siang hari dapat menyebabkan kerusakan kulit. Maka, pilihlah tabir surya yang mengandung SPF dan PA, agar kulit kamu terlindungi dari sinar UVA dan UVB.

Nah, itu saja yang perlu kamu lakukan untuk mencegah jerawat. Dalam menerapkan pola hidup sehat, mungkin agak susah untuk kamu yang terbiasa begadang, makan seadanya, dan belum rajin olahraga. Tapi, hal ini harus dibiasakan demi kesehatan kulit kamu. Selamat mencoba, ya!

Lagertha Serum

Inilah Lagertha Serum 6in1!
Dengan 6 Kandungan Pilihan dalam 1 Produk. Anda tidak harus menggunakan beragam produk Perawatan — terutama di usia 30, 50-an, 60-an, dan seterusnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *