Jangan Sampai Jadi Kebiasaan, Hindari 5 Kebiasaan Ini Agar Wajah Tidak Keriput dan Kusam

Banyak faktor yang menyebabkan permasalahan wajah seperti kusam dan munculnya keriput. Terik matahari misalnya, menghasilkan sinar UV yang dapat merusak jaringan kolagen sehingga kulit kehilangan elastisitasnya. Atau polusi udara yang mengancam kesehatan kulit dan membuat kehilangan cahayanya.

Hal-hal tersebut memang sulit untuk dihindari, namun munculnya kerutan dan kusam juga bisa disebabkan oleh kebiasaan buruk diri sendiri. Hal-hal inilah yang harus kita jauhi untuk mendapatkan wajah yang cerah dan awet muda. Lalu, apa saja kebiasaan buruk tersebut? Berikut beberapa diantaranya.

  1. Merokok

Kebiasaan yang satu ini memang sudah terkenal membahayakan kesehatan tubuh, termasuk kulit. Di awal mungkin efek dari merokok tidak terlalu kelihatan. Namun lama-kelamaan kulit akan kehilangan perlindungannya dan permasalahan wajah mulai tampak.

Nikotin yang terkandung dalam rokok dapat menyebabkan penyempitan terhadap pembuluh darah. Hal ini akan membuat nutrisi yang datang ke kulit menjadi terhambat. Selain itu, ia juga dapat mengikat kolagen sehingga elastisitasnya berkurang dan menjadi mengkerut.

  1. Sering konsumsi gula

Mengkonsumsi makanan atau minuman manis terlalu sering juga bisa membuat wajah menjadi kusam dan keriput. Gula sebagai pemanis hidangan dapat menaikan kadar gula darah yang ada di tubuh. Jika terus meningkat kadarnya akan membuat aliran darah tersumbat dan nutrisi untuk kulit juga tersendat. Selain itu, Advance Glycation End product (AGE) yang dihasilkan dari proses bernama glikasi setelah mengkonsumsi ekstrak tebu ini bisa merusak kolagen.

  1. Begadang

Ketika tidur, kulit juga akan ikut beristirahat seperti halnya organ lainnya. Hal ini membuatnya dapat rileks setelah aktivitas sehari-hari. Sering begadang akan memicu penuaan dini karena kulit yang tegang terus menerus akan mulai kehilangan kekuatannya. Regenerasi juga menjadi terhambat sehingga sel-sel kulit mati menumpuk dan membuat wajah tampak kusam.

  1. Tidur dengan posisi yang salah

Posisi tidur yang terlalu menekan wajah ke bantal bisa menimbulkan kerutan. Hal tersebut dikarenakan tekanan yang terjadi terus menerus akan membuat kulit menjadi lemah. Disarankan untuk tidur telentang dan menghindari posisi tengkurap atau miring dengan dominasi satu sisi saja.

Pastikan juga kamu tidak tidur di permukaan yang kasar agar tidak menimbulkan iritasi terhadap wajah. Jaga terus kebersihan dari bantal sehingga tidak ada kotoran yang menempel dalam waktu yang lama di kulit. Hal-hal tersebut akan membantu menghindarkan dari ancaman penuaan dini.

  1. Tidak menghapus makeup

Makeup diperlukan untuk menunjang penampilan kita sehari-hari. Namun, jangan lupa untuk menghapusnya ketika sudah selesai berkegiatan atau sebelum tidur. Kandungan bahan kimia yang ada padanya dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan iritasi jika dibiarkan terlalu lama. Maka dari itu, pastikan sebelum beristirahat kulit bebas dari segala makeup dengan melakukan double cleansing.

  1. Tidak menggunakan sunscreen

Keberadaan sinar UV yang dihasilkan oleh matahari memang tidak bisa kita hindari. Jika terpapar tanpa perlindungan jaringan kulit akan rusak dan menyebabkan kulit kusam hingga penuaan dini. Tapi hal tersebut bisa kita atasi dengan menangkalnya menggunakan sunscreen secara rutin.

Seringkali orang meremehkan ketika beraktivitas di dalam ruangan lalu melupakan penggunaan sunscreen begitu saja. Padahal sinar UV bisa datang menghampiri walaupun dalam kondisi tersebut. Setidaknya, pakailah tabir surya dengan SPF 30 ketika tidak berkegiatan di luar. Selalu reapply selama 3-5 jam sekali agar proteksi terhadap kulit terjaga selalu.

Lagertha Serum

Inilah Lagertha Serum 6in1!
Dengan 6 Kandungan Pilihan dalam 1 Produk. Anda tidak harus menggunakan beragam produk Perawatan — terutama di usia 30, 50-an, 60-an, dan seterusnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *