Ingin Mencerahkan Wajah yang Sering Kusam Sepanjang Hari? Lakukan 5 Cara Ampuh Ini!

Banyak hal di aktivitas kita yang bisa membuat wajah kusam. Mulai dari polusi udara, terik sinar matahari, hingga kondisi stres yang dialami jadi penyebab umum kulit kehilangan cahayanya. Padahal, kita semua ingin memiliki wajah yang cerah sepanjang hari, bukan?

Ada beberapa cara untuk mencerahkan wajah agar aura positif kita tetap terjaga. Tidak perlu biaya yang mahal untuk mendapatkannya. Cukup dengan hal-hal ini kamu akan terhindar dari kulit kusam hingga akhirnya tercipta wajah yang cerah merona. Baca hingga akhir, ya!

  1. Cuci wajah secara rutin

Paparan debu dan kotoran yang datang, terlebih ketika beraktivitas di luar ruangan, tentu menjadi musuh utama bagi kulit yang dapat menyebabkan kusam. Selain membuat wajah tampak kotor, mereka juga menyebabkan tersumbatnya pori-pori kulit. Wajar jika akhirnya kecerahan wajah menjadi redup. Maka dari itu, mencucinya secara rutin adalah sebuah keharusan.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membersihkan wajah. Pertama, pakailah sabun wajah yang lembut sehingga tidak melukai kulit dan menghindari permasalahan lainnya yang bisa timbul. Selanjutnya, jangan terlalu sering dalam melakukannya. Cukup dua kali sehari yaitu pagi dan malam sebelum tidur. Hal ini menghindari kulit yang terlalu kering karena efek pembersih tersebut yang malah bisa menyebabkan kusam.

  1. Gunakan sunscreen secara berkala

Tidak peduli kamu beraktivitas di luar atau sedang berada di dalam ruangan, sinar UV yang dihasilkan oleh matahari bisa menghampirimu. Sinar tersebut bisa merusak struktur kulit yang dapat membuat wajah cepat keriput, pucat, hingga tampak kusam. Perlu proteksi aktif agar terhindar dari ancaman ini.

Sunscreen merupakan hal wajib yang perlu kamu aplikasikan pada wajahmu. Pakailah tabir surya dengan SPF 30 ketika beraktivitas di dalam ruangan dan SPF 50 saat banyak kegiatan di luar. Jangan lupa reapply selalu agar proteksi tetap terjaga sepanjang hari. 

  1. Manfaatkan bahan alami untuk masker wajah

Banyak bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai masker wajah untuk mendapatkan perawatan kulit agar menjadi cerah. Madu yang memiliki sifat antioksidan untuk melawan segala ancaman dan juga mengangkat kotoran bisa dipertimbangkan. Atau minyak kelapa dengan mengoleskannya ke seluruh permukaan dan diamkan selama 10-15 menit dapat melembabkan kulit secara alami.

  1. Lakukan relaksasi wajah

Kusam bisa disebabkan oleh wajah yang terlalu tegang karena aktivitas padat, kondisi stres tak terkendali, ataupun kurang istirahat. Hal ini dikarenakan aliran darah yang tersumbat sehingga nutrisi tidak tersalurkan dengan baik dan menjadi pucat. Untuk itu, kamu perlu merelaksasikan wajah ketika senggang.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan, salah satunya dengan memijat wajah dengan lembut menggunakan bahan alami. Selanjutnya, pastikan istirahat yang cukup yaitu 7-8 jam sehari agar kulit dapat beregenerasi dengan baik. 

  1. Tambahkan serum dengan bahan aktif untuk mencerahkan

Agar mendapatkan hasil hal lebih optimal, kamu memerlukan serum yang diformulasikan untuk mencerahkan wajah. Kandungan seperti niacinamide yang kaya akan vitamin B3 akan sangat membantu dalam melawan kulit kusam. Selain itu, kandungan ini bisa mengatasi permasalahan lainnya seperti bruntusan ataupun bekas jerawat.

Gunakan serum wajah yang menggunakan kandungan alami. Banyak produk yang beredar di pasaran memiliki klaim yang bombastis namun bahan di dalamnya berbahaya bagi kulit. Untuk itu, pastikan produk yang kamu beli memiliki sertifikat BPOM agar lebih aman.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *