Harus Dihindari, 4 Kebiasaan yang Menjadi Penyebab Pori-pori Membesar

Sebelum puber, wajah kita mulus dan kita tidak memerlukan produk perawatan kulit. Semakin kita dewasa, kita mulai mempunyai berbagai masalah kulit, seperti jerawat, komedo, kusam, dan lain sebagainya. Maka dari itu, kita mulai belajar menggunakan produk perawatan kulit agar wajah kita tetap mulus seperti sebelum puber. Namun, memakai skincare pun belum cukup untuk mengatasi masalah kulitmu. Apa pun kondisi kulit kamu, asalnya berasal dari pori-pori yang membesar. Jadi, selain memakai skincare, ketahui empat kebiasaan yang harus kamu hindari agar pori-pori tidak membesar.

  1. Malas menghapus make up

Selelahnya kamu setelah beraktivitas seharian, kamu tidak boleh malas menghapus make up. Foundation, krim BB, bedak, eye shadow, kontur wajah akan menumpuk di pori-pori dan membuatnya melebar. Selain itu, produk kosmetik punya bahan kimia yang akan berbahaya jika tidak segera dihapus. Menghapus make up dengan sabun cuci muka pun belum cukup. Masih ada sisa make up di wajah kamu. Sehingga kamu perlu menggunakan make up remover. Menurut berkeluarga.id, ada tujuh jenis pembersih make up yang bisa kamu pakai. Ada micellar water, cleansing oil, cleansing gel, milk cleanser, cleansing balm, cleansing wipes, dan eye make up remover.

  1. Mengonsumsi makanan yang tidak sehat

Siapa di antara kalian yang masih belum memperhatikan asupan makanan? Makan apa saja, asal kenyang. Nah, ubah kebiasaan ini, yuk. Dengan mengonsumsi makanan sehat, tidak hanya tubuh kalian menjadi bugar, tapi kulit kamu juga akan makin glowing. Misalnya, ketika kamu mengonsumsi ikan salmon, kerja kolagen akan bertambah, dan kulit kamu akan menjadi elastis. Kamu juga bisa mengonsumsi buah dan sayur. Jadi, pori-porimu juga tidak akan melebar. Kamu juga perlu menghindari makanan dengan lemak tinggi karena minyak dalam kulit akan bekerja, lalu menyumbat pori-pori.

  1. Lupa memakai tabir surya

Tabir surya ini tidak bisa dilupakan, loh, saat menggunakan skincare. Gunakan tabir surya setelah melakukan rangkaian skincare. Sinar matahari bisa saja berbahaya untuk kulit kamu. Jika kulit kamu terpapar sinar matahari di siang hari, produksi kolagen dalam kulit akan melemah, dan kulit kamu akan makin keriput. Dengan keriputnya kulit kamu, tepi pori-pori akan membesar. Selain itu, sinar matahari dapat mengakibatkan sunburn, kerusakan DNA, bahkan kanker kulit. Jadi, gunakan tabir surya yang mengandung SPF, yang melindungi kulit kamu dari sinar UVB, dan PA yang melindungi kulit kamu dari sinar UVA.

  1. Memencet komedo dan jerawat

Kebiasaan ini pasti sering dilakukan oleh banyak orang. Kita ingin komedo dan jerawat cepat-cepat hilang, sehingga kita memencetnya. Padahal, kebiasaan ini dapat mengakibatkan pori-pori makin besar. Sehingga komedo dan jerawat kamu makin parah. Jadi, kamu perlu menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung Salicylic Acid. Seperti sabun cuci muka dan pelembap. Sabun cuci muka untuk mengangkat kotoran dalam kulit kamu. Sedangkan pelembap wajah tidak akan membuat wajahmu berminyak. Justru ketika kamu tidak menggunakan pelembap, kulit akan memproduksi minyak dalam wajah yang akan menyumbat pori-pori.

Selain memakai produk perawatan kulit, menghindari kebiasaan di atas juga akan membantu merawat kulit kamu. Yang namanya kebiasaan, pasti sulit untuk menghentikannya karena kita melakukannya setiap, tanpa disadari. Jadi, diusahakan untuk berhenti melakukan kebiasaan ini untuk kulit yang lebih cantik. Selamat mencoba!

Inilah Lagertha Serum 6in1!
Dengan 6 Kandungan Pilihan dalam 1 Produk. Anda tidak harus menggunakan beragam produk Perawatan — terutama di usia 30, 50-an, 60-an, dan seterusnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *