Muka Kamu Sering Kusam Sepanjang Hari? Atasi dengan 5 Cara Ini :

Memiliki wajah yang kusam tentu akan mengganggu penampilanmu sehari-hari. Apalagi buat kamu yang harus bertemu dan bersosialisasi dengan banyak orang. Untuk itu, menjaganya agar tampil cerah merupakan hal penting yang juga dapat meningkatkan kepercayaan dirimu.  

Wajah kusam bisa disebabkan oleh banyak hal. Paparan sinar matahari, kurangnya asupan nutrisi ke dalam tubuh, ataupun kesalahan dalam memakai produk perawatan wajah merupakan beberapa faktor penyebabnya. Lalu bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Berikut beberapa cara paling tepat yang dapat kamu lakukan.

  1. Bersihkan wajah secara rutin

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi wajah yang kusam adalah dengan membersihkannya secara rutin. Namun, jangan terlalu sering dalam melakukannya karena bisa menyebabkan kulit malah menjadi kering. Maksimal dua kali sehari sudah cukup untuk menjaga kebersihan muka.

Hindari pemakaian pembersih wajah yang kasar dan yang membuat wajah kering. Hal tersebut dapat menyebabkan iritasi dan kulit mengelupas. Disarankan untuk melakukan double cleansing dengan cleansing oil atau micellar water untuk membersihkan makeup dan sunscreen, lalu bersihkan lagi dengan sabun wajah yang lembut.

  1. Pakai pelembab dan sunscreen setiap hari

Salah satu penyebab utama dari wajah kusam adalah keringnya kulit. Hal tersebut dapat menyebabkan penumpukan sel kulit mati sehingga kulit menjadi tidak rata dan kurang bercahaya. Untuk itu, wajib hukumnya untuk tetap menjaga kelembaban wajah.

Pakailah pelembab di pagi hari dan sebelum tidur. Produk pelembab dapat menjaga serta melindungi skin barrier kamu. Dengan begitu, wajahmu akan terjaga kelembabannya dan menjadi lebih halus.

Kamu juga perlu mengaplikasikan sunscreen secara berkala setiap harinya untuk menjaga wajah agar tidak kusam. Sinar matahari menghasilkan sinar UV yang memiliki dampak negatif terhadap kulit seperti kulit kering, penuaan dini, dan munculnya dark spot. Gunakan sunscreen dengan SPF 30 untuk sehari-hari dan SPF 50 ketika banyak beraktivitas di luar ruangan. 

  1. Penuhi asupan air putih dan makanan bergizi

Air memiliki peran penting dalam tubuh kita. Bukan hanya sebagai pelepas dahaga saja dan pelarut racun di dalam organ kita, ia juga dapat menjaga kelembaban serta kecerahan kulit. Jangan sampai tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan air. Hal ini dapat menyebabkan kulit mengering dan terlihat pucat. Untuk itu, kamu harus memenuhi kebutuhan air putih setiap harinya. Setidaknya delapan gelas per hari cukup untuk menjaga kondisi tubuh dan kulitmu.

Selain asupan air yang cukup, agar tetap sehat dan tidak kusam kulit juga membutuhkan nutrisi yang baik. Kamu perlu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan E untuk mendapatkan kulit yang lebih cerah. Beberapa kandungan tersebut banyak ditemukan di sayur dan buah.

  1. Gunakan serum yang dapat mencerahkan wajah

Bukan hanya gizi dari dalam, untuk mengatasi wajah yang kusam kamu juga perlu menambahkan serum sebagai nutrisi dari luar. Gunakan serum yang mengandung niacinamide sebagai formulanya. Kandungan tersebut memiliki fungsi sebagai pelembab kulit sekaligus melindunginya dari polusi serta kerusakan yang ditimbulkan dari sinar UV matahari.

Berhati-hatilah dalam memilih serum. Banyak produk beredar di pasaran dengan klaim dapat mencerahkan namun memiliki kandungan berbahaya yang malah merusak kulit wajah kita. Untuk itu, pastikan serum wajah yang kamu beli telah tersertifikasi oleh BPOM sehingga aman untuk dipakai.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *