5 Rekomendasi Makanan yang Ampuh Untuk Mencegah Jerawat

Kamu sedang berjuang untuk mengatasi jerawat? Atau kamu sedang mencegah jerawat muncul di wajahmu? Pasti upaya kamu untuk menjaga kebersihan wajah kamu sangat besar, ya. Yang paling sering kamu lakukan saat ini pasti mencari skincare yang cocok untuk kondisi kulit kamu. Namun, tahukah kamu, kalau menggunakan produk perawatan kulit belum cukup? Ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan untuk merawat wajah kamu dari munculnya jerawat. Apa saja itu? 

Mungkin kamu lupa untuk menjaga kebersihan tempat tidurmu dengan mengganti sarung bantal, sarung guling, dan sprei tempat tidur. Atau kamu sering menyentuh wajahmu, sehingga kotoran yang ada di tanganmu menempel di wajah. Pola tidur juga mempengaruhi kecantikan kulit kamu. Dengan kurangnya waktu tidur, hormon kortisol akan naik dan memicu munculnya jerawat. Kemudian, kamu juga tidak rajin olahraga. Padahal, dengan olahraga, kotoran yang menyumbat di pori-pori akan keluar oleh keringat.

Satu faktor yang perlu diperhatikan juga adalah asupan makanan. Apa saja yang perlu kamu konsumsi untuk mencegah jerawat?

  1. Wortel

Selain untuk menjaga kesehatan mata, wortel juga berperan untuk kesehatan kulit. Dilansir dari beautynesia.com, Vitamin A dalam wortel membantu menormalkan produksi minyak dan sifat eksfoliasinya membantu mencegah pori-pori tersumbat. Menurut artikel dari ivanruna.my.id, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A lain seperti, tomat, bayam, paprika merah, labu, dan brokoli.

  1. Jeruk

Dilansir dari manfaat.co.id, Vitamin C yang terkandung dalam jeruk punya beberapa peran dalam tubuh kita. Dia mampu menetralkan efek buruk dari radikal bebas yang menyebar dalam seluruh tubuh kita. Vitamin C dapat melancarkan proses pembuangan racun dan kotoran. Selain itu, Vitamin C mengatur produksi minyak alami dan kolagen dalam kulit kita secara teratur. Kamu bisa mengonsumsi makanan lain seperti, pepaya, apel, susu, stroberi, dan masih banyak makanan lain yang mengandung Vitamin C.

  1. Kacang

Dilansir dari momsmoney.id, seng yang terkandung dalam kacang punya peran untuk mencegah wajah berjerawat. Seng dapat membantu mengontrol kerja sebum yang berlebih. Kalau kamu belum tahu apa itu sebum, dia adalah cairan yang memproduksi minyak dalam wajah, supaya kulit tidak kering. Kalau sebum diproduksi secara berlebihan, maka pori-pori akan tersumbat dan terjadi peradangan. Untuk mendapat kandungan seng dalam tubuh kamu, mulai rajin mengonsumsi makanan lain, antara lain ayam, tiram, dan hummus (lifestyle.okezone.com).

  1. Ikan tuna

Dilansir dari alodokter.com, Vitamin B3 yang terkandung dalam ikan tuna dapat mencegah atau mengatasi jerawat, termasuk jerawat jenis pustula dan papula. Vitamin B3 juga membantu mengecilkan pori-pori dan mengendalikan kerja produksi minyak berlebih. Untuk mendapat asupan Vitamin B3 dari makanan lain, kamu perlu mulai rajin makan kacang-kacangan dan bijian, jamur, alpukat, dan dada ayam (lifebuoy.co.id).

  1. Bawang putih

Yang terakhir adalah bawang putih. Dikutip dari merdeka.com, sulfur yang terkandung dalam bawang putih, bisa digunakan sebagai eksfoliasi yang alami. Dengan eksfoliasi, kotoran-kotoran dalam kulit akan terangkat dengan sangat ampuh. Pori-pori pun tidak tersumbat lagi. Sulfur bisa ditemukan di bawang Bombay dan brokoli juga. Selain dimakan, kamu juga bisa mengoleskan bawang putih di jerawat kamu hingga jerawatmu kering dan bisa dikelupas.

Itu tadi, kandungan makanan yang bisa kamu konsumsi untuk mencegah munculnya jerawat. Ternyata, cantik itu tidak hanya dilakukan dari luar saja, ya, melainkan kita juga perlu merawat apa yang ada dalam diri kita. Dengan mengonsumsi makanan-makanan di atas, tidak hanya kulit kita yang makin cantik, tapi tubuh kita juga semakin sehat. Dengan tubuh yang sehat, kita akan menjadi lebih produktif. Kemudian, dengan kulit cantik yang sudah kita rawat, kita akan menjadi lebih percaya diri. Mulai sekarang, yuk, perhatikan asupan gizi kamu!

Lagertha Serum

Inilah Lagertha Serum 6in1!
Dengan 6 Kandungan Pilihan dalam 1 Produk. Anda tidak harus menggunakan beragam produk Perawatan — terutama di usia 30, 50-an, 60-an, dan seterusnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *