4 Penyebab Pori-Pori Membesar Menurut Para Ahli dan Cara Mengatasinya

Pori-pori yang membesar sudah pasti mengganggu penampilan kita. Pori-pori yang membesar ini mengakibatkan munculnya komedo dan jerawat. Maka, yang harus kita perbaiki atau hindari adalah pori-pori kita yang membesar. Untuk mengatasi atau menghindarinya, kita perlu mengetahui penyebab pori-pori yang membesar menurut ahli dan bagaimana cara mengatasinya.

  1. Kotoran yang berasal dari luar
  2. Polusi udara

Sebagian dari kita punya banyak aktivitas di luar ruangan yang mengakibatkan polusi menempel di kulit kita. Walaupun aktivitas kita lebih banyak di dalam ruangan, ada saat di mana kita berada di luar ruangan, misalnya saat mengendarai motor. Di mana pun kegiatan kamu, kamu perlu membersihkan diri. Dimulai dari membersihkan wajah. Kamu bisa mulai dengan mengeksfoliasi wajah agar kotoran dalam kulit kamu terangkat secara total.

  1. Kosmetik yang belum dibersihkan

Jangan malas untuk membersihkan make up, ya. Kotoran bisa berasal dari produk kosmetik yang kamu pakai. Lalu, mereka akan menumpuk dan menyumbat pori-porimu. Kemudian, jerawat dan komedo akan muncul di wajah kamu. Menggunakan sabun cuci muka belum cukup. Kamu perlu memakai pembersih make up.

  1. Tangan yang kotor

Kita menyentuh benda-benda yang kita tidak tahu, bersih atau tidak. Maka dari itu, kita jangan menyentuh wajah sembarangan karena kotoran yang ada di tangan akan pindah ke wajah kita.

  1. Pola hidup yang tidak sehat
  2. Kurang tidur

Masing-masing orang punya kesibukannya sendiri. Bahkan ada yang sampai rela tidur larut malam, demi menyelesaikan tugasnya. Tentu saja, ini tidak sehat karena waktu tidur yang normal adalah enam sampai delapan jam. Dengan waktu istirahat yang kurang, maka hormon kortisol naik dan produksi minyak dalam kulit bertambah. Minyak dalam wajah inilah yang membuat pori-pori tersumbat.

  1. Asupan makanan yang tidak sehat

Beberapa orang masih berpikir, “Makan apa saja, yang penting kenyang.” Pikiran seperti itu harus diubah. Kita makan, supaya sehat. Jadi, hindari makanan berlemak tinggi dan mulai rajin makan buah dan sayur. Kulit kamu akan memproduksi kolagen, zat yang mengatur elastisitas kulit. Kemudian, pori-pori akan mengecil ketika kulit kita kencang.

  1. Tidak rajin olahraga

Dengan olahraga, keringat akan mengeluarkan kotoran-kotoran dalam kulit, sehingga pori-pori tidak tersumbat dan membesar.

  1. Memencet komedo dan jerawat

Kita pasti merasa gemas dengan jerawat dan komedo karena penampilan kita terganggu. Kita perlu bersabar dan tidak memencet komedo atau jerawat kita karena pori-pori akan makin besar. Ada cara untuk mengatasi masalah kulit ini adalah menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung Salicylic Acid. Kandungan ini dipercaya dapat mengatasi kulit berjerawat dan berkomedo.

  1. Tidak memakai tabir surya

Selalu gunakan tabir surya, walaupun kamu berada dalam ruangan. Tabir surya ini juga wajib kamu gunakan setelah semua rangkaian skincare telah kamu lakukan. Kamu akan terpapar sinar matahari yang bisa mengakibatkan kerusakan kulit, seperti kulit makin kecokelatan, sunburn, rusaknya DNA, bahkan sampai kanker kulit. Bukannya sinar matahari akan memberikan Vitamin D? Iya, tapi pada jam tujuh sampai sembilan pagi. Pada siang harinya, sinar matahari tidak baik untuk kulit. Dia akan menghilangkan kolagen dan membuat kulit keriput. Setelah itu, tepi pori-pori akan melebar. Jadi, jangan lupa untuk memakai tabir surya.

Berikut penyebab pori-pori membesar, serta cara mencegahnya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tentu saja kamu harus melakukan tips-tips di atas setiap hari. Rawat kulitmu dari sekarang, yuk!

Inilah Lagertha Serum 6in1!
Dengan 6 Kandungan Pilihan dalam 1 Produk. Anda tidak harus menggunakan beragam produk Perawatan — terutama di usia 30, 50-an, 60-an, dan seterusnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *